Sabtu, 21 Mei 2016

Alkitab Adalah Standard Kebenaran Bagi Kita--Bukan Tuhan Kita!

(Fungsi Alkitab yang Benar Bagi Orang Kristen)


Kalau dikatakan begini:

Sebagai orang Kristen, dari Alkitablah kita mengetahui apa yang baik dan benar untuk kita.

Itu benar!

Tapi kalau dikatakan begini:

Orang Kristen melakukan perbuatan2 yang baik dan benar adalah karena ada perintah atau suruhan di dalam Alkitab untuk melakukan hal2 itu.

Itu sudah tidak benar!

Mengapa?

Sebab orang Kristen itu melakukan sesuatu (atau tidak melakukan sesuatu) bukan karena adanya perintah2 atau keharusan2 yang datang dari luar dirinya (sekalipun itu dari Alkitab!), melainkan hanyalah berdasarkan dorongan yang berasal dari dalam dirinya.


Tentu saja apa yang dimaksud dengan "dorongan yang berasal dari dalam dirinya" itu bukanlah sesuatu yang berasal dari dirinya sendiri... tapi berasal dari Tuhan. Sebab sebagai orang Kristen (=orang percaya dalam Kristus), di dalam diri kita sudah tinggal/berdiam Roh Kudus. Dengan kata lain, Tuhan sendiri sudah tinggal/berdiam di dalam diri setiap orang percaya.
"yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu." (Yoh 14:17)
"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan: Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku." (Ibr 8:10-11)

Jangan salah mengerti, Alkitab tetap penting bagi orang Kristen... yaitu sebagai standard kebenaran bagi kita. Tapi Alkitab bukanlah Tuhan kita atau yang mengambil posisi sebagai Tuhan bagi kita. Alkitab adalah Alkitab; Tuhan adalah Tuhan--jangan mengacaukan atau membaurkan keduanya! Hidup kita tidak dikontrol dengan aturan2 yang tertulis (di Alkitab).... tapi kita hidup bersama Tuhan yang hidup, yang tinggal di dalam kita. Soli Deo Gloria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar