Sabtu, 21 Mei 2016

Kehidupan Kristen yang Berkemenangan dan Penuh Kelegaan: Anda Sudah Memilikinya, Tidak Perlu Mengusahakannya Lagi!

Manusia (secara alamiah) selalu siap untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu yang dianggap perlu demi mendapatkan suatu prospek (kehidupan/keadaan yang lebih baik di kemudian hari). Jadi setiap kali ada seseorang yang menceritakan tentang kehidupan Kristen yang berkemenangan di dalam Kristus atau kehidupan yang dijalani bersama Tuhan dengan penuh kelegaan setiap hari... reaksi kebanyakan orang adalah seperti ini:

"Oh, alangkah indahnya itu! Kapan ya, saya bisa memiliki kehidupan yang seperti itu? Saya akan melakukan apa saja untuk bisa memilikinya. Adakah yang bisa memberitahukan di sini, apa yang harus saya lakukan untuk bisa memiliki kehidupan yang seperti itu?"

Lihatlah, orientasi kita (secara alamiah) adalah selalu pada perbuatan atau mengerjakan sesuatu (demi mendapatkan sesuatu). Padahal kehidupan Kristen itu.....atau kehidupan Kristen yang berkemenangan itu....atau kehidupan Kristen yang selalu dalam kelegaan itu (atau apapun sebutan yang lainnya untuk itu!) adalah sesuatu yang sudah kita miliki sekarang ini juga (atau, lebih tepatnya, sejak kita menjadi orang percaya). Itu bukanlah sesuatu yang masih di depan atau masih perlu untuk anda usahakan lagi, supaya bisa memilikinya. Itu adalah sesuatu yang perlu untuk anda terima saja.

Dan begitu membaca kalimat yang terakhir itu ("itu adalah sesuatu yang perlu untuk anda terima saja") biasanya kita akan langsung bereaksi begini: Nah, Anda katakan hal itu masih perlu untuk saya terima, bukankah itu menyiratkan bahwa sekarang ini saya masih belum menerimanya, belum memilikinya?

Perhatikanlah ini teman2, yang masih perlu untuk kita terima itu bukanlah hal itu lagi (bukan kehidupan Kristen yang berkemenangan itu), tapi hanyalah kebenaran tentangnya.

Kebenaran tentang apa?

Yaitu kebenaran tentang diri anda yang mengatakan bahwa sebagai orang percaya di dalam Kristus anda kini sudah memiliki kehidupan yang berkemenangan, penuh dengan kelegaan di dalam Kristus.

Periksalah ayat2 Alkitab berikut ini:

2 Korintus 5:17
5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 

Efesus 1:22-23
1:22 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.
1:23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

Efesus 2:6
2:6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga.

Kolose 2:9-18
2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,
2:10 dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa.
2:11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa,
2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.
2:13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,
2:14 dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:
2:15 Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.
2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.
2:18 Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi.

Terimalah kebenaran itu.

Mulai sekarang, lihatlah diri anda seperti itu, yaitu bahwa anda sudah memiliki kehidupan yang berkemenangan di dalam Kristus, penuh dengan kelegaan di dalam Kristus. 


Jangan lagi melihat diri anda sebagai seorang yang masih mengharapkan hal itu. Sebab orang yang sudah memiliki tidak mengharapkan lagi untuk memiliki apa yang sudah dimilikinya itu.

Semua kerja, usaha/upaya, dan pergumulan untuk hal ini sudah harus berhenti, teman2. Kita sudah memilikinya. Sebab kita sekarang ini sudah ada di dalam Kristus... dan semua hal yang baik, indah, dan mulia itu sudah ada di sana--sudah menjadi milik kita! Tidak ada keperluan untuk mengusahakannya lagi. Satu hal yang (masih) perlu untuk anda dan saya lakukan sekarang ini adalah menerima kebenaran itu...dan mulailah menikmatinya. Haleluya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar