Rabu, 17 Februari 2016

IMAN = ISTIRAHAT

Mengapa IMAN = ISTIRAHAT/REST bagi kita?

Iman/percaya berarti memandang pada pihak lain (di luar diri kita). Iman adalah mempercayai/mengandalkan pihak lain untuk mengerjakan/membereskan urusan tertentu bagi kepentingan kita. Jadi pada hakekatnya dalam beriman/percaya itu terdapatlah kesadaran (dan/atau pengakuan) akan ketidakberdayaan/ketidakmungkinan kita sendiri dalam mengerjakan/membereskan urusan tertentu itu, sehingga kita melihat dan berpaling kepada pihak lain untuk mengurusnya bagi kita....dan dengan demikian membebaskan diri kita sendiri dari semua beban/tuntutan untuk mengurus hal/permasalahan tertentu itu. Dan itu juga membebaskan (=memberikan hak penuh kepada) pihak lain itu untuk bertanggungjawab sepenuhnya dalam mengurusnya. (Dalam konteks Kristen, pihak lain ini menunjuk kepada Tuhan/Kristus).

Jadi, kita sekarang sudah bisa BERISTIRAHAT. Mengapa? Karena kita sekarang sudah tidak perlu lagi untuk pusing/dipusingkan dengan semua urusan yang menyangkut permasalahan kita yang tertentu itu tadi.

Tapi.... apakah BERISTIRAHAT itu menunjuk kepada atau berlaku untuk semua hal/permasalahan di dalam kehidupan kita?

Jawabnya, tidak.

Mengapa tidak?

Sebab tidak untuk semua hal/permasalahan kita (patut/pantas) untuk menempuh cara/jalan iman/percaya (untuk mengurusnya).

Contohnya:


  • Anda tidak memerlukan iman untuk menyeberangi jalan (Anda hanya memerlukan pikiran dan mata yang terang/melek untuk melakukannya).
  • Anda tidak memerlukan iman untuk membersikan/membenahi rumah, dapur, pakaian, halaman, dan lain-lainnya (Anda hanya memerlukan tenaga, kemauan secukupnya (dan "tangan yang ringan") untuk membereskan hal2 itu).


Singkatnya, iman itu hanyalah untuk hal2 yang menyangkut kehidupan rohani atau hubungan (vertical) kita dengan Tuhan saja.... dan (hanya) di dalam area kehidupan yang inilah kita, sebagai orang percaya, harusnya selalu berada dalam keadaan REST atau BERISTIRAHAT. Itu karena kita bisa mempercayai/mengandalkan Kristus untuk melakukan/membereskan segalanya bagi kepentingan kita.... di area ini.

Salam kasih karunia.... selamat menikmati istirahat Anda di dalam Kristus. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar