Sabtu, 20 Februari 2016

Keselamatan dan Kehidupan Kristen: Hanya oleh Kasih Karunia

"Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia." (Kolose 2:6)
"Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku...." (Galatia 2:19-20).

Untuk mengetahui (dengan akurat) bagaimana seharusnya Kekristenan kita berjalan, kita perlu melihat kembali kepada cara Allah menyelamatkan kita. Allah menyelamatkan kita bukan dengan memberikan kita serangkaian petunjuk/cara yang bisa kita terapkan untuk keselamatan kita. Tidak. Tapi Dia menyelamatkan kita di/ke dalam seseorang (Satu Pribadi)--Yesus Kristus. Sampai di titik ini sering orang2 lupa (atau malah bertindak 'ngawur') tentang kelanjutannya... mereka tidak konsisten saat mereka masuk ke dalam kehidupan baru mereka sebagai orang Kristen. Ketimbang tetap (berada) di dalam Kristus mereka kini (seolah-olah) kembali lagi kepada/ke dalam diri mereka sendiri.

Jadi, di saat pertama masuk menjadi orang percaya mereka berada di dalam Kristus, tapi ketika melanjut ke dalam kehidupan baru mereka sebagai orang Kristen, mereka (seolah-olah) kembali lagi kepada/ke dalam diri mereka sendiri. Itu sangat aneh, kan? Tapi betapa sedikitnya orang yang menyadari hal itu!

Sadarlah wahai teman2, bahwa kalau diri/pribadi Anda yang menjalani kehidupan Kristen Anda sekarang ini, maka sebenarnya Anda sedang menjalani kehidupan yang menyimpang... Anda sedang menjalani hidup yang salah dan sedang berada di tempat yang salah. Anda sekarang sedang berada di dalam diri Anda sendiri. Padahal seharusnya anda (tetap) berada di dalam Kristus.

Apa yang dimaksud dengan itu?

Itu maksudnya, Anda sudah mati....dan tetaplah begitu!

Lalu, apa yang harus saya lakukan?

Untuk selanjutnya, bukan Anda (lagi) yang melakukan segalanya di dalam kehidupan (rohani) Anda sebagai orang Kristen, tapi Kristus. Sama seperti untuk pembenaran Anda, Anda (hanya) menerima apa yang dikerjakan oleh Yesus bagi Anda (bukan Anda yang mengerjakannya sendiri). Iya, kan? Demikian jugalah sekarang ini untuk kehidupan (rohani) Anda sebagai orang Kristen: Kristuslah yang mengerjakan semuanya di dalam dan melalui Anda (Anda hanya menerima/mempercayainya saja). Ingat: "bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku." Jadi, baik pembenaran maupun kehidupan rohani Anda sama2 hanya oleh kasih karunia Tuhan saja. Soli Deo Gloria. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar